24.5 C
Jakarta
Thursday, October 6, 2022

GPM Sulut Sumolang, Seruhkan Pemerintah Perhatikan Kesulitan Petani

Must read

MEDIACOM.ID   MANADO – Sering alami kesusahan bibit dan pupuk sehingga Petani mengalami kerugian dan kesulitan. Melihat permasalahan itu, membuat keterpanggilan sosok Pemuda berdarah Minahasa, Ketua Gerakan Pemuda Marhaenis (GPM) Sulawesi Utara, Steven Sumolang menyeruhkan kepada pemerintah untuk menyadari kebijakannya pada masyarakat. Kaum petani justru tidak menerima manfaat bagi kesejahteraannya. Kamis (14/4/2022).

Pembangunan rakyat dengan jumlah program yang ingin meningkatkan produktivitas dan pertanian, selalu berada dalam kondisi yang kurang bagus pertanian. Petani yang berada di garis depan pertanian pembangunan, merasakan kesulitan mengakses pupuk, bibit, alat pertanian, dan segala program-program yang menjadi hak petani itu sendiri. Kemudian dipermainkan pedagang, terlilit hutang dan rentenir

Semisal pupuk, terjadi masalah dalam pengirimannya. Ada permainan para penyalur yang menjualnya di tempat lain. Pada akhirnya petani sulit mendapatkan pupuk. Padahal ketersediaannya dijamin karena menghitung areal kebun dan sawah di desa setempat. Setiap petani minimal punya hak beli pupuk subsidi untuk lahan 2 hektarnya.

Sumolang, menambahkan bahwa selalu saja ada cerita kelangkaan pupuk dan bibit, di pelosok desa. Bahkan harga yang dibeli lebih tinggi dari yang ditetapkan.

Bagaimana rakyat bisa sejahtera dan ketahanan pangan bangsa ini bisa kuat, kalau proses pembangunan pertanian dari hulu ke hilir tidak berjalan dengan baik. Mulai dari kebijakan, produksi, distribusi/pasar, modal, kemudian pemerintah, petani, pedagang, konsumen, dan lainnya Kesemuanya saling berkaitan dan harus diperhatikan, diberdayakan dan diperhatikan” tutup Sumolang. ( TEV )

- Advertisement -spot_img

More articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisement -spot_img

Latest article