31.6 C
Jakarta
Tuesday, August 16, 2022

Syawalan Praja Mangkualam II dirangkaikan Labuhan Hajat Dalem,di Hadiri Raja,Sultan,Tona’as Senusantara

Must read

MEDIACOM.ID Kabupaten Bantul Daerah Istimewa Yogyakarta – Agenda Budaya yang di gelar setiap bulan Syawal Kangjeng Gusti Pangeran Adipati Aryo (KGPAA) Mangku Alam II Al-Haj melaksanakan kegiatan labuhan yang pada tahun ini banyak dihadiri para Raja, sultan, Datu dan Tona’as serta pemangku adat yang ada diwilayah Nusantara.

Kali ini pantai Parangkusumo Kabupaten Bantul Daerah Istimewa Yogyakarta kegiatan adat budaya Labuhan digelar pada, Sabtu (14/05/2022).

Syawalan yang dirangkai dengan labuhan hajat dalem KGPAA Mangku Alam II kali ini diikuti oleh 50 orang raja, sultan, Tona’as dan pemangku adat dari berbagai daerah yang ada di Nusantara serta seluruh Sentono dari Praja Mangkualaman khususnya kali pertama dari Ketona’asan Minahasa mengikuti yang diundang langsung Sri paduka Mangkualam II.

Selain dari internal Praja Mangkualaman dan raja, sultan dan Tona’as serta pemangku adat Se Nusantara labuhan yang dilakukan oleh praja Mangkualaman ini juga banyak mendapat antusias dari warga Yogyakarta dan luar daerah untuk datang menyaksikan dan mengikuti rangkaian upacara labuhan hajat dalem KGPAA Mangku Alam II.

Kangjeng Pangeran Haryo (KPH) Aryo Sahid Metarum Hanyokrowati sebagai koordinator pelaksana acara saat ditemui media menyampaikan adanya rangkaian acara syawalan dari Praja Mangkualaman.

“Kegiatan labuhan hajat dalem KGPAA Mangku Alam II ini kegiatan yang rutin digelar setiap bulan Syawal dan salah satu agenda penting Praja Mangkualaman,”Terangnya

Rangkaian acara labuhan hajat dalem KGPAA Mangku Alam II dimulai dengan acara seremonial di pendopo Cepuri Parangkusumo diikuti oleh seluruh Sentono Praja Mangkualaman dan para tamu yang hadir dengan dilanjutkan memulai acara inti dengan berdoa bersama di Cepuri Parangkusumo dan dipimpin oleh juru kunci Cepuri Parangkusumo dengan membawakan sesaji serta gunungan sesaji untuk selanjutnya menuju pantai Parangkusumo.

Selepas pelaksanaannya doa di Cepuri Parangkusumo selanjutnya menuju pantai Parangkusumo dengan membawa semua sesaji yang telah disediakan oleh Praja Mangkualaman dan dipimpin langsung oleh Ki Ageng Menoreh salah seorang ulama dari praja Mangkualaman.

Tujuan pelaksanaannya labuhan hajat dalem KGPAA Mangku Alam II ini dalam rangka berdoa bersama para Sentono dan masyarakat untuk memohon kepada Tuhan yang maha agung agar kita selalu diberi keselamatan dan kesehatan.

“Kegiatan hajat dalem ini juga dalam rangka berdo’a bersama dengan melalui labuhan dengan larungan diharapkan agar kita selalu diberikan nikmat khususnya nikmat kesehatan,”imbuh KPH Aryo.

Rangkaian kegiatan syawalan dan hajat dalem KGPAA Mangku Alam II akan dilaksanakan sampai, Selasa 17 Mei 2022 dengan rangkaian kegiatan Do’a lintas agama serta ziarah ke makam leluhur Praja Mangkualaman.
(Sumber – Televisi rakyat Indonesia TEVRI TV.com melaporkan dari Kabupaten Bantul Daerah Istimewa Yogyakarta)

- Advertisement -spot_img

More articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisement -spot_img

Latest article